Hati-Hati! Sering Dilakukan, Inilah Orang yang Sholatnya Bersama Syaithan!

Bagikandakwah – Setan telah berjanji kepada Allah untuk menyesatkan seluruh manusia, beragam tipu daya dan muslihat akan dilancarkan agar manusia ingkar dari Tuhannya.



“Iblis berkata: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (QS. Al A’raf : 16 – 17)

Salah satu caranya dengan melalaikan manusia dari sholat, setan akan senantiasa menggoda manusia agar sholatnya tidak sempurna bahkan membujuk manusia agar ringan meninggalkan sholat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Jika panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil mengeluarkan kentut hingga ia tidak mendengar suara adzan. Apabila panggilan adzan telah selesai maka setan akan kembali. Dan bila iqamat dikumandangkan setan kembali berlari dan jika iqamat telah selesai dikumandangkan dia kembali lagi, lalu menyelinap masuk kepada hati seseorang seraya berkata, ‘Ingatlah ini dan itu’. Dan terus saja dia melakukan godaan ini hingga seseorang tidak menyadari berapa rakaat yang sudah dia laksanakan dalam shalatnya.” (H.R Bukhari)

Sholat adalah ibadah yang paling utama dan yang pertama kali dihisab, tentunya setan tidak akan mudah membiarkan manusia menyembah Tuhannya, setan akan terus menempel bersama orang yang sholat agar sholatnya tidak khusyu.

Berikut ini dikatakan adalah orang – orang yang sholat bersama setan: Simak baik-baik ya !!

1. Orang yang waswas dalam niat

Setan membuat hatinya waswasan dan tidak yakin niatnya telah sempurna. Mengulang takbir berkali – kali, hingga imam rukuk bahkan sujud, ia masih saja dipermainkan setan dalam niat dan takbirnya.

2. Orang yang ingat itu dan ini

Saat tengah sholat, setan akan mendatangi manusia untuk mengingatkan berbagai urusan, hingga sholat seseorang menjadi tidak khusyu. Dikisahkan suatu hari imam Hanafi didatangi seseorang yang kehilangan barang. Ia lupa menaruh barangnya, oleh Imam Hanafi orang itu dianjurkan untuk sholat sepanjang malam hingga menemukan barang yang dicari. Namun baru setengah malam menjalankan sholat, setan membuatnya ingat lokasi barang tersebut.

Ketika ditanya mengenai hal tersebut, Imam Hanafi menerangkan bahwa setan tidak akan senang apabila seorang hamba khusyu dalam sholatnya, sehingga setan akan membuatnya mengingat apa yang ia lupakan saat sholat.

3. Orang yang merasa ragu buang angin

Perasaan ragu buang angin atau tidak adalah sebuah gangguan yang setan hembuskan untuk mengacaukan sholat seseorang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “ Jika salah seorang di antara kalian merasakan hal itu, maka janganlah membatalkan shalatnya hingga dia mendengar suaranya atau mencium baunya tanpa ragu.”(H.R Ahmad)

4. Orang yang tidak fokus pada sholatnya

Setan akan membuat seorang yang sedang sholat menjadi tidak fokus dengan mencuri perhatian, menjadikan orang yang sedang sholat menengok kesana kemari, membaca tulisan di depannya atau teralihkan oleh dering Hp.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu ‘anha, ia berkata: “Saya bertanya kepada Rasulullah tentang hukum menengok ketika sholat”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Itu adalah curian setan atas sholat seorang hamba”. (H.R Bukhari)

5. Orang yang sholatnya tergesa – gesa

Sholat dengan tergesa-gesa sehingga sholatnya tidak Tuma’ninah, Rasulullah sangat melarang hal tersebut. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda :

“Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari shalatnya”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari sholat?”. Rasulullah berkata, “Dia tidak sempurnakan ruku dan sujudnya” (H.R Ahmad)

Dalam hal ini Rasulullah menganggap perbuatan mencuri dalam sholat lebih buruk daripada mencuri harta.

6.Wanita yang shalat ke masjid menggunakan wangi – wangian

Menggunakan wangi-wangian saat ke masjid adalah salah satu perbuatan yang Rasulullah larang. Rasulullah bersabda, yang artinya : “Jika salah satu dari kalian(para wanita) hendak ke masjid, maka janganlah sekali-kali menyentuh wewangian.” (H.R Muslim)

Demikianlah, setan akan terus menggangu manusia dengan berbagai cara agar sholat seseorang menjadi tidak sempurna. Di antara cara yang paling sering digunakan untuk membuat sholat menjadi tidak khusyu adalah membuat lupa sesuatu sebelum sholat, namun ketika sholat justru ingat hal tersebut.

Hendaknya kita senantiasa meminta perlindungan kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk dan selalu berusaha mempebaiki kualitas sholat kita agar lebih khusyu. Semoga bermanfaat


Wallahu A’lam Bishawab. 

sumber : Muslimahdaily.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hati-Hati! Sering Dilakukan, Inilah Orang yang Sholatnya Bersama Syaithan!