Stop Jangan Dibuang! Ternyata “Kulit Buah Naga” Memiliki Efek yang “Tak Terduga-duga”!! Bukan Cuma Nikmat, Khasiatnya Juga Sangat Luar Biasa!!

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Biasanya akan kamu apakah kulit naga bila sudah dikupas? Pasti kamu buang kan? Tapi mulai hari ini sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang juga, karena kulit buah naga manfaatnya jauh lebih dahsyat dari yang kamu kira! Simak tulisan ini bawah ini :



Warna merah yang ada pada kulit buah naga merah merupakan kontribusi dari pigmen yang dikenal dengan nama betalain. Betalain memiliki efek antioksidan, mampu menangkal radikal bebas, anti penuaan, juga memperbaiki pencegahan degenerasi sel otak dan menghambat demensia.Bukan cuma buahnya saja, tapi kulit buah naga juga kaya akan karbohidrat, protein dan antosianin, juga mengandung konsentrasi tinggi vitamin A, B1, B2, B3, C dan kalsium, fosfor, zat besi dan mineral lainnya. Kulit buah naga benar-benar sumber vitamin alami terbaik, juga ada efek kecantikannya.

Efek dari kulit buah naga

Salah satu nutrisi yang paling berharga yang disebutkan tadi – anthocyanin –  adalah antioksidan yang sangat kuat, lebih kuat 10 kali dari karoten dan dapat mempertahankan aktivitas dalam darah manusia selama 75 jam! Anthocyanin dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, melindungi dinding arteri, menurunkan tekanan darah, memperbaiki kehalusan kulit, kecantikan kulit, menghambat peradangan dan alergi, meningkatkan fleksibilitas sendi, mencegah arthritis, dapat mempromosikan sel retina warna ungu, regenerasi sel, memperbaiki penglihatan dan bahkan menangkal efek radiasi.

Saat kita makan buah naga, usahakan jangan membuang lapisan kulit dalam yang berwarna pink. Kamu bisa menggunakan sendok untuk mengikis kulit bagian dalamnya untuk dimakan. Selain dikerok dan dimakan mentah, bisa juga dijadikan hidangan dingin.

Cara konsumsi kulit buah naga:

Di Jus:

Cara terbaik adalah dijus dan ditambah sedikit gula, didinginkan di kulkas, saat haus diminum, selain enak dan lezat juga menyegarkan!

Hidangan dingin:

Potong kedua ujung buah naga, buang ujung-ujung daunnya yang berlebih. Belah lalu kupas kulitnya. Iris tipis-tipis, beri sedikit minyak wijen, aduk-aduk, taburkan sedikit garam dan kaldu ayam, aduk rata, makanan penutup siap dihidangkan (didinginkan juga boleh)

Perhatian !!

Kulit buah naga tidak baik dicampur dengan teh, dimasak sup, dikukus atau ditumis, karena suhu tinggi dapat menyebabkan degradasi anthocyanin yang kemudian mengurangi nilai nutrisinya.

Sahabat dakwah, Sudah tahu kan manfaatnya! Lain kali makan buah naga jangan dibuang yah kulitnya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


Sumber: healthdaily , Mamacerdas.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :