5 Hal Ini yang Menyebabkan Banyak Wanita Masuk Neraka, No 5 Sering dilakukan Para Istri

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, surga dan neraka adalah dua tempat balasan yang Allah subhanahu wa ta’ala siapkan untuk kita semua. Surga sebagai tempat tinggal bagi kaum Muslimin dan Muslimah, sedangkan neraka merupakan tempat tinggal bagi kaum Musyrikin dan Musyrikah. Setiap Muslim pasti menginginkan mendapat surga di akhir dunia dan berharap agar terhindar dari neraka. Lalu, sudah tahukah bahwa mayoritas penghuni neraka adalah wanita? Apa saja penyebab wanita hingga masuk neraka? Berikut ulasan selengkapnya



 Dari Imran bin Husain radhiallahu anhu dari Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

 اطَّلَعْتُ فِي الْجَنَّةِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا الْفُقَرَاءَ وَاطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاء (رواه البخاري 3241 ومسلم 2737)

 “Aku diperlihatkan di surga. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Bukhari, 3241 dan Muslim, 2737)

Kemudian, Nabi sallallahu’alaihi wa sallam ditanya tentang hal itu, lalu beliau menjelaskan dalam riwayat Abdullah bin Abbas radhiallahu’anhuma, dia berkata, Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

  َأُرِيتُ النَّارَ فَلَمْ أَرَ مَنْظَرًا كَالْيَوْمِ قَطُّ أَفْظَعَ وَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ ،  قَالُوابِمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَبِكُفْرِهِنَّ ،  قِيلَ : يَكْفُرْنَ بِاللَّهِ ، قَالَيَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ وَيَكْفُرْنَ الإِحْسَانَ لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ كُلَّهُ ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ  (رواه البخاري، رقم 1052) .

 “Saya diperlihatkan neraka. Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan saya melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.' Lalu ada yang berkatak, 'Apakah kufur kepada Allah?' Beliau menjawab, ‘Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika anda berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian dia melihat anda (sedikit ) kejelekan. Maka dia akan mengatakan, ‘Saya tidak melihat kebaikan sedikitpun dari anda.” (HR. Bukhari, no. 1052)

Hadits ini diperuntukkan bagi kaum Muslimah agar menjaga komitmen dalam menjalan kewajibannya. Terutama shalat, syirik, dan menjauhi apa yang diharamkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

 Setelah membaca hadits ini, tentu Sahabat Ummi ingin tahu bukan, apa saja penyebab-penyebab banyak wanita masuk neraka?

1. Memperlihatkan Aurat

Setiap wanita wajib menutup auratnya. Aurat dari seorang wanita adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Namun, sampai sekarang masih banyak wanita yang meperlihatkan auratnya dan mengenakan pakaian ketat sehingga membuat kaum pria pun tergoda. Padahal Allah subhanahu wa ta’ala menjanjikan kepada wanita yang menjaga auratnya akan mendapat belaian rahmat dari Allah subhanahu wa ta’ala yang tak terkira besarnya.

2.Tidak Mandi Wajib Sesudah Haid

Haid merupakan penyebab wanita tidak sholat setiap bulannya dan juga menjadikan wanita menjadi kotor. Oleh karena itu, wanita diwajibkan untuk mandi wajib agar tubuh menjadi bersih kembali dari kotoran hadas besar. Meskipun begitu, terkadang wanita lupa tidak mandi sesudah haid. Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam melihat di antara kerumunan wanita yang menjerit-jerit dengan siksaan yang begitu pedih. Kaki dan tangan mereka diikat. Salah satu penyebabnya ialah mereka tidak mandi wajib setelah haid.

3.Dandan agar Dilihat Pria Lain

Ibnu Abbas meriwayatkan hadits dari Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

"Apabila seorang wanita keluar rumah dengan bersolek dan memakai haruman (suami ridha) maka dibangunkan untuk suaminya sebuah rumah di neraka."

Saat ini berdandan ketika ingin keluar rumah merupakan hal wajar, padahal salah satu penyebab wanita masuk neraka ialah berdandan agar terlihat cantik dan dilihat pria lain yang bukan mahramnya.

4.Menyakiti Hati Suami

Dalam sebuah hadits, Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak seorang wanita pun yang boleh menyakiti hati suaminya melalui kata-kata kecuali Allah SWT akan membuat mulutnya kelak di hari kiamat selebar tujuh puluh dira', kemudian akan mengikatkannya di belakang lehernya."

Ada beberapa sikap yang teramsuk dalam menyakiti hati suami, yaitu meminta cerai tanpa alasan, tidak mau melayani kebutuhan seks, dan membelanjakan harta suami tanpa izin.

5.Keluar Rumah Tanpa Izin Suami

Salah satu cara dalam menghindari penyebab ini ialah meminta izin kepada suami saat ingin keluar, namun saat ini masih banyak istri yang keluar tanpa izin suami, seolah-olah hal tersebut sudah menjadi hal yang wajar. Padahal pada kenyataanya, keluar rumah tanpa meminta izin dari suami bisa menjadi penyebab masuk neraka.

Sahabat dakwah, sebagai Muslimah yang baik, mari kita hindari larangan-larangan Allah subhanahu wa ta’ala agar terhindar dari siksaan api neraka. Semoga bermanfaat (Dina Nazhifah)


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Hal Ini yang Menyebabkan Banyak Wanita Masuk Neraka, No 5 Sering dilakukan Para Istri