Ingin Cantik ? Lakukan 5 Ibadah Ini

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Dalam pandangan Islam wanita dikatakan cantik bukan karena parasnya yang ayu. Bukan juga wajah putihnya yang bersinar menyilaukan mata. Karena kecantikan yang dilihat secara fisik hanya akan bertahan sementara. Dan itu hanyalah kecantikan dunia yang fana.



Cantik bukanlah berasal dari luar, melainkan dari dalam jiwa. Kecantikan tersebut akan terpancar pada saat wanita muslim melakukan ibadah berikut. Apa saja ibadah tersebut?

1. Wudhu
Wudhu adalah langkah pertama dalam melakukan ibadah. Dengan berwudhu maka tubuh akan terbebas dari kotoran dan juga najis yang tak terlihat oleh mata.

Tak hanya itu, dalam segi kesehatan banyak penelitian yang membuktikan bahwa wudhu memiliki banyak manfaat. Pada hari kiamat nanti Nabi Muhammad bisa mengenali umatnya karena ada bekas wudhu.

“Sejatinya ummatku pada hari qiyamat akan datang dalam kondisi wajah dan ujung-ujung tangan dan kakinya bersinar pertanda mereka berwudlu semasa hidupnya di dunia“ (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Salat Tahajud
Saat sebagian orang tertidur pulas dan seorang muslim bersujud dalam tahajudnya, maka saat itu Allah swt membuat wajahnya berseri-seri.

“Barangsiapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari”. (HR. Ibnu Majah)

3. Puasa
Jika kaum barat mengenal istilah diet dalam kehidupannya, maka islam telah mengenal istilah serupa dengan sebutan puasa. Bedanya, puasa merupakan suatu ibadah yang bernilai pahala.

Dan puasa berkali-kali lebih baik dari diet, selain menyehatkan badan puasa juga bisa menjadi penggakal diri dari nafsu dan syahwat, serta amarah dan mengendalikan emosi.

4. Zakat dan Sedekah
Zakat dan sedekah sama dengan mengeluarkan harta kita untuk orang lain. Hal ini menghindarkan muslimah dari kecintaannya terhadap duniawi.

Orang yang cinta dunia akan lebih cepat stres memikirkan apa yang bisa dibeli lagi, bagaimana menyimpan uang agar menjadi banyak, memikirkan barang-barang milik tetangga yang harganya lebih mahal.

5. Dzikir

Dzikir adalah kegiatan mengingat Allah SWT dengan lafadz-lafadz. Tidak dipungkiri bahwa ibadah ini akan memunculkan ketenangan jiwa. Hal ini pun sudah dijelaskan dalam Alquran. Bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan terasa tentram.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. (QS. ar-Ra’d : 28)

Keseluruhan rangkaian ibadah tersebut jika dilakukan akan memberikan kecantikan yang hakiki pada jiwa seorang wanita muslim. Semoga para wanita yang ingin cantik hati dan fisik bisa istiqomah menjalankan 5 ibadah diatas. Semoga bermanfaat


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ingin Cantik ? Lakukan 5 Ibadah Ini