Inilah Ciri-ciri Suami yang Dayuts, Haram Masuk Surga

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Siapa yang tak ingin memiliki suami beriman? Pastinya semua istri menginginkannya. Suami yang beriman memberikan kebaikan dan kebahagiaan bagi keluarganya.



Salah satu sifat suami beriman ialah pencemburu. Cemburu merupakan isyarat adanya cinta kasih. Islam memuji lelaki yang punya rasa cemburu dan mencela orang yang tidak memilikinya. Tentu saja selain menganjurkan cemburu, Islam memberikan batas-batasnya. Bila batas tersebut dilanggar, rusaklah kebahagiaan rumah tangga.

Suami yang tidak memiliki sifat pencemburu disebut Dayuts. Suami yang bersifat buruk ini disebutkan dalam hadits yaitu hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan sanad marfu’ sampai pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ

“Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya.” (HR. Ahmad 2: 69)

Tidak punya rasa cemburu yang dimaksud ialah membiarkan keluarganya bermaksiat tanpa mau mengingatkan. Ciri-ciri suami yang memiliki sifat Dayuts ialah sebagai berikut:

1. Jika istri berpakaian ketat dan membuka aurat, suami tidak cemburu. Kecantikannya dinikmati oleh semua mata laki-laki. Suami membiarkannya dan tidak menasehati.

2. Suami membiarkan ketika sang istri foto selfie dengan gaya centil (apalagi membuka aurat) dan bisa menjadi fitnah bagi laki-laki yang melihatnya.

3. Suami menyuruh istrinya memakai pakaian yang memperlihatkan lebih banyak auratnya hingga semakin memancing nafsu lelaki lain.

4. Suami mengeksploitasi istrinya dengan menyuruh melakukan pekerjaan yang membuat istri membuka aurat, seperti penyanyi dan penari.

5. Membiarkan istri berg4ul bebas dengan teman lelaki sampai melakukan zina.

6. Membiarkan anak perempuan atau anggota keluarga perempuannya berhubung4n melalui telepon atau SMS dengan laki-laki yang bukan mahram.

7. Merelakan anggota keluarga perempuannya berdua-duaan dengan laki-laki yang bukan mahram.

8. Membiarkan anggota keluarga perempuannya mengendarai mobil sendirian bersama laki-laki yang bukan mahram, misalnya sopirnya.

9. Merelakan anggota keluarga perempuan keluar rumah tanpa menggunakan jilbab atau hijab syar’i, sehingga bisa dipandang dengan leluasa, ditambah parahnya menggunakan pakaian ketat yang mer4ngs4ng n4fsu para pria.

10. Mendatangkan film dan majalah penyebar kerusakan dan keme*suman ke dalam rumah.

Sahabat dakwah, semoga Allah Ta’ala menjauhkan kita dari ciri-ciri di atas. (Dina Nazhifah)

Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Ciri-ciri Suami yang Dayuts, Haram Masuk Surga