Tips Cerdas Menghadapi Anak yang Malas Sekolah

Bagikandakwah - Sahabat Dakwah, salah satu permasalahan yang dialami orang tua ialah menghadapi anak yang malas berangkat ke sekolah. Anak-anak menganggap bahwa sekolah bukanlah kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik, Sahabat Dakwah harus mengambil tindakan tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut. Berikut beberapa tips dalam menghadapi anak yang malas sekolah:



1. Dengarkan Perasaan Si Anak

Ketika menghadapi masalah tersebut, sebaiknya Sahabat Dakwah tidak perlu memarahi anak, ajaklah ia bicara dari hati ke hati dan dengarlah isi perasaannya. Anak pasti akan memberikan beberapa alasan. Jika ia beralasan merasa tubuh kurang sehat, kamu harus memahaminya. Kamu harus menggali lebih dalam apa yang sebenarnya ia rasakan saat bersekolah. Dengan mendengarkan perasaan anak, kamu akan menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

2. Atur Pola Istirahat

Sahabat Dakwah bisa mengatur pola istirahat anak secara teratur agar ia tidak terlalu malam dan esoknya tidak malas pergi ke sekolah. Usahakan durasi tidur anak 8 sampai 9 jam per hari.

3. Latihlah Keterampilan Sosial

Kamu bisa mengajarkan kepada sang anak untuk menyatakan keinginannya kepada teman atau guru, baik menyatakan keinginan dalam bermain, aktif di kelas maupun sesuatu hal yang tidak diinginkan dan tidak disukai. Ingatkanlah si anak untuk selalu melaporkan kejadian kepada guru jika ia mendapat gangguan atau perlakuan tidak menyenangkan dari teman.

4. Bicarakan dengan Guru

Jika penyebab anak malas sekolah karena faktor lingkungan atau pertemanan di sekolah, bicarakanlah kepada guru. Bicarakanlah mengenai bagaimana keadaan anak di kelas dan pola pertemanannya.

5. Mengatasi Kekerasan di Sekolah

Jika si anak malas sekolah karena adanya perselisihan atau pertengkaran dengan teman, segeralah selesaikan masalah tersebut dengan menemui guru atau kepala sekolah. Kamu tidak perlu menemui anak dan temannya yang bermasalah. Hal ini dapat memperkeruh keadaan si anak.

6. Bantu Anak Dapatkan Teman

Kesulitan mencari teman ialah salah satu alasan anak malas sekolah. Jika sudah seperti itu, Sahabat Dakwah dapat membantu mencarikan teman dengan mengadakan pesta kecil di rumah dan mengundang teman-teman kelasnya.

7. Beri Penghargaan

Jika si anak sudah mulai rajin ke sekolah, berilah ia penghargaan, seperti memberikan cemilan, hadiah kecil-kecilan atau mengajaknya pergi ke tempat yang diinginkan. Cara ini bisa membuat anak lebih semangat untuk pergi ke sekolah.

Itulah 8 tips cerdas dalam menghadapi anak yang malas sekolah. Bagaimana pun juga sebagai orang tua, Sahabat Dakwah harus selalu mendukung dan memberikan nasihat kepada anak. Pastikan ia berangkat sekolah dengan perasaan bahagia. Karena jika ia bahagia, pelajaran yang diterima pun akan mudah diterima.
Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk mengatasi anak yang malas bersekolah.


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cerdas Menghadapi Anak yang Malas Sekolah