6 Bahaya Bagi Kesehatan Anda Saat Rumahmu Kotor Berantakan

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Apakah anda termasuk orang yang malas membersihkan rumah? Atau malahan anda adalah orang yang tidak bisa melihat rumah dalam keadaan kacau dan kotor?



Well, penelitian menunjukkan bahwa rumah yang kotor bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa merasa stres, mudah lelah, atau mudah jengkel jika kamu hidup dalam rumah yang berantakan.

Dilansir dari thehealthsite.com, berikut adalah penjelasan dari dampak buruk kotornya rumah bagi kesehatanmu.

1. Membuat Bingung
Lingkungan tempat tinggalmu bisa mempengaruhi kondisi mentalmu. Begitu pula dengan rumah yang kotor berantakan. Rumah berantakan bisa membuatmu merasa bingung. Kamu tidak bisa menemukan barang yang kamu cari dan hal ini bisa mempengaruhi cara berpikirmu pula. Kamu akan jadi mudah bingung.

2. Penyebab Stres
Apa yang akan terjadi pada saat kamu bingung? Kamu bisa mengalami stres. Dan tentu saja stres yang muncul akan menyebabkan berbagai macam kekacauan yang bisa membuatmu tambah stres.

3. Menyebabkan Kecelakaan
Rumah yang kotor berantakan juga bisa membuat mendapatkan kecelakaan ringan di rumahmu sendiri. Kamu akan jadi mudah tersandung atau terjatuh akibat benda-benda kotor berserakan di sekitarmu.

4. Membuatmu Jadi Emotional Eater
Penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa orang cenderung akan makan secara berlebihan atau menjadi emotional eater ketika mereka tinggal di lingkungan yang berantakan. Sebabnya, aktivitas makan dipandang sebagai hal yang efektif untuk mengobati stress.

5. Menurunkan Kesehatan Mental
Hidup atau bekerja di lingkungan yang berantakan dan kacau bisa membuatmu merasa cepat lelah dan tidak bahagia. Tentu saja, hal ini akan menurunkan kesehatan mentalmu secara perlahan.

6. Membuat Komunikasi Jadi Sulit
Sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University tahun 2016 menunjukkan bahwa mereka yang tinggal di lingkungan yang berantakan akan memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Sebab lingkungan yang berantakan akan membuat pikiran mereka teracak sehingga mereka kesulitan untuk mengungkapkan emosi dan perasaan mereka terhadap orang-orang di sekitar.

Sahabat dakwah, Ternyata rumah yang kotor dan berantakan bisa menurunkan kesehatan tubuh secara perlahan ya. Oleh karena itu mulai saat ini, segera buang sampah di rumah, rapikan barang-barang yang berantakan, dan tata ulang rumahmu dengan indah serta nyaman. Semoga menginspirasi dan bermanfaat


Sumber: merdeka.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Bahaya Bagi Kesehatan Anda Saat Rumahmu Kotor Berantakan