3 Al-Quran yang Dicetak Era Usmaniyah Ditemukan di Masjid Palestina

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, keyahuilah bahwa ada tiga cetakan Al-Quran yang dicetak di era Ottoman (Utsmaniyah) pada masa Sultan Abdulhamid II, telah ditemukan di  sebuah masjid yang terletak di kota bersejarah Tayibe.



Said Azim, seorang muazin di Masjid Umar Bin Khattab, menemukan manuskrip tersebut saat sedang melakukan renovasi masjid dua bulan lalu, kutip Anadolu Agency.

Masjid Umar Bin Khattab terletak di Kota Tayibe, dibangun di masa Sultan Abdul Hamid II, salah satu kota bersejarah Palestina yang sekarang masuk wilayah jajahan Israel.

Imam dan masjid tidak sadar akan keberadaan ketiga al-Quran ini, sampai mereka bertemu dengan Said Azim.

Dalam pengantar Al-Quran, tertulis bahwa Al-Quran dicetak pada cetak Ottoman (Utsmaniyah) di tahun 1309 Hijriah atau tahun 1887 M dan merupakan tulisan tangan Seyyid Mustafa Nazif Efendi.

“Sampai dua bulan yang lalu, kami tidak tahu keberadaan Al-Quran ini, mereka termasuk mushaf lainnya, dan kami menyadari kapan masjid tersebut telah direnovasi,” ujar sang muazin, Said Azim.

Azim mengatakan bahwa Quran yang kemudian dikirim ke Palestina itu sangat berarti bagi mereka.

“Kami tidak tahu mereka ada di sana. Mereka hanya tertumpuk di antara sekelompok buku lainnya. Kami menemukannya saat renovasi, “kata Aziz.

Azim mengatakan, Al Qur’an dicetak di Istanbul ini  akan memberi kontribusi pada kepentingan sejarah kota Palestina.

Harta karun bersejarah ini rencananya akan segera ditampilkan dalam sebuah pameran. Ia juga berspekulasi tentang kemungkinan harta karun era Utsmaniyah lainnya di Israel atau Palestina. Demikianlah informasi yang bisa menambah wawasan anda

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Al-Quran yang Dicetak Era Usmaniyah Ditemukan di Masjid Palestina