Kalau nemu tanaman liar “kayak gini” di sekitar rumahmu, berbahagialah! Kamu gak perlu lagi “habiskan uang ke dokter”

Bagikandakwah -  Orang Zaman old pasti banyak yang tau apa itu tanaman putri malu ? Tumbuhan putri malu daunnya akan selalu mengatup saat disentuh. Bagi sebagian orang bahkan sering memainkan tumbuhan ini di pekarangan rumah.



Tumbuhan ini memiliki ciri khas dengan daun yang bergerigi kecil-kecil dan juga terdapat duri pada bagian batangnya. Bunganya yang berbentuk bundar dan bewarna pink selalu terlihat cantik.

Putri malu atau Mimosa pudica di barat di kenal dengan sebutan cemara kecil (small evergreen). Tanaman ini mempunyai beberapa nama panggilan, touch-me-not, serta sensitive plant.

Bernama putri malu karena tumbuhan ini peka terhadap rangsangan dan akan mengatupkan daunnya ketika disentuh, hal ini dianggap sebagai sifat pemalu pada tumbuhan. Tetapi sebenarnya tumbuhan ini juga akan mengatupkan daunnya ketika matahari terbenam dan membukanya kembali ketika matahari terbit.

Nah, tak banyak yang tahu bahwa tumbuhan yang kerap kita jumpai di lahan hijau misalnya tepi sawah atau pun pekarangagan rumah ini, ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan lho. Tumbuhan ini mengandung mimosin, tanin dan juga asam pipekolinat yang baik bagi tubuh.

Nah, yuk langsung aja kita bahas manfaat tumbuhan putri malu untuk mengobati beberapa penyakit:

1. Mengobati Batuk

Buat kamu yang menderita batuk apalagi disertai dahak, maka cobalah meminum air rebusan putri malu. Rebus 10 hingga 15 gram dengan air secukupnya hingga mendidih, minum airnya ketika sudah dingin.

2. Mengobati Hepatitis

Rebusan putri malu ternyata juga dapat mengobati penyakit hepatitis. Caranya cukup gampang, yaitu merebus putri malu sebanyak 15 gram dengan air 200 cc sampai mendidih kurang lebih selama 15 menit. Nah, selanjutnya rebusan ini diminum secara rutin.

3. Mengobati Bronkitis

Salah satu penyakit paru-paru, bronkitis juga bisa disembuhkan dengan tanaman ini. Cukup dengan 60 gram akar putri malu ditambahkan kurang lebih 600 cc air dan direbus hingga menyisakan air kurang lebih 200 cc. Selanjutnya rebusan ini bisa diminum dua kali sehari.

4. Mengobati susah tidur

Buat kamu yang kerap begadang dan akhirnya membuat kamu susah tidur maka wajib banget coba ramuan dari tanaman ini. Sama seperti cara mengobati tiga penyakit di atas. Untuk menyembuhkanmu dari insomnia, kamu cukup merebus 50 gram tumbuhan putri malu dengan air secukupnya. Kosumsilah secara teratur dan rasakan khasiatnya.

Nah, segala sesuatu yang berlebihan pastilah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, hentikanlah untuk mengkosumsi ramuan putri malu jika dirasa sudah banyak perubahan dan kemajuan. Satu hal yang perlu diingat, bahwa sebaiknya wanita yang sedang hamil sangat dilarang mengkosumsi tumbuhan ini karena berdampak buruk untuk janin. Selain itu, penggunaan akar putri malu dalam jumlah dalam dosis yang banyak bisa berujung keracunan dan muntah-muntah.

Begitu ulasan manfaat tentang putri malu, ada yang pernah mengkonsumsi sebelumnya? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya. Terima kasih


Sumber : blogshah.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :