Bolehkah Seorang Istri Minta Cerai Bila Suami Tidak Sholat?

Bagikandakwah - Bagaimana hukumnya seorang istri meminta cerai pada suaminya karena suaminya tidak sholat dan Bolehkah seorang istri meminta cerai kepada suaminya bila suami tidak sholat? Karena ada hadits yang menyebutkan orang tidak sholat maka ia keluar dari Islam. Terima kasih.


Jawaban:

Sholat adalah rukun Islam, bahkan tiang agama. Jika tiangnya dirobohkan, bagaimana agama bisa ditegakkan?

رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ وَذِرْوَةُ سَنَامِهِ الْجِهَادُ

Pangkal dari semua perkara adalah Islam dan tiang Islam dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah” (HR. Tirmidzi dan An Nasa’i)

Bahkan dalam sabdanya yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menegaskan tentang kedudukan sholat ini:

بَيْن الرَّجل وَبَيْن الشِّرْكِ وَالكُفر ترْكُ الصَّلاةِ

Pembatas bagi antara seseorang dengan syirik dan kufur adalah meninggalkan shalat” (HR. Muslim)

Mungkin ini hadits yang dimaksudkan oleh penanya. Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, seseorang yang meninggalkan sholat karena mengingkari wajibnya sholat, maka ia telah kafir murtad dari agama Islam.

Namun orang yang meninggalkan sholat bukan karena mengingkari wajibnya, tapi karena malas dan meremehkan, mayoritas berpendapat tidak sampai kafir. Sedangkan mazhab Hanbali berpendapat kafir.

Nah, suami Ibu meninggalkan sholat karena apa? Jika karena mengingkari kewajiban sholat, maka itu membuatnya keluar dari Islam. Ibu tidak boleh menjadi istrinya.

Namun jika suami Ibu meninggalkan sholat karena malas atau meremehkan, sebaiknya Ibu mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

1. Ingatkan bahwa sholat adalah rukun Islam

Berusahalah mengingatkan suami dengan sebaik-baiknya. Ingatkan bahwa shalat adalah rukun Islam kedua, yang jika ditinggalkan secara sengaja bisa menyebabkan seseorang menjadi kafir.

Ingatkan pula bahwa shalat adalah amal utama, yang pertama kali dihisab di akhirat kelak. Jika shalatnya baik, amal yang lain akan baik pula. Jika shalatnya jelek, amal yang lain akan jelek pula.

إن أول ما يحاسب به العبد صلاته فإن صلحت صلح سائر عمله وإن فسدت فسد سائر عمله

Amal yang akan dihisab pertama kali dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Jika baik shalatnya, baik pula seluruh amalnya. Jika buruk shalatnya, buruk pula seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi)

Ingatkan suami pada waktu yang tepat, mungkin saat santai atau hendak tidur, tidak hanya mendekati waktu shalat. Tentu dalam mengingatkan suami ini harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar peluang diterimanya nasehat lebih besar.

2. Katakan kepada suami, Anda sangat mencintainya

Seringkali, suami akan tersentuh dengan kata-kata cinta dari istrinya daripada kata-kata nasehat. Maka bila suami tidak sholat, carilah saat yang tepat lalu ungkapkan betapa Anda sangat mencintainya. Karena cinta, Anda ingin menjadi istrinya selamanya; di dunia dan juga di surga. Karena cinta, Anda sangat menginginkannya jadi imam bagi Anda dan anak-anak Anda.

Dan yang dapat mengikat suami istri hingga ke surga adalah jika keduanya sholat. Yang menjadi syarat suami sebagai imam sejati adalah sholat.

Katakan kepada suami betapa Anda sangat mencintainya dan karenanya Anda menginginkannya menunaikan sholat lima waktu. Anda tidak mau kehilangan dia, karena betapapun baiknya amal seorang muslim, tanpa menunaikan sholat semuanya menjadi sia-sia.

Jika Anda mengatakannya dengan sungguh-sungguh, dari lubuk hati yang paling dalam, dengan penuh cinta, bahkan dengan keluar air mata sebagai buktinya, insya Allah suami Anda akan lebih tersentuh.

3. Letakkan buku “nasehat sholat” di rumah

Terkadang, seorang suami gengsi dinasehati. Ada suami yang ketika mendapatkan masukan dari istrinya tidak mau menerima, tetapi saat ia mendapatkan masukan dari sumber yang dianggapnya ‘netral’ dan tidak mengurangi wibawanya, ia akan menerimanya.

Jika suami tidak sholat itu termasuk tipe ini, cobalah membeli buku tentang sholat, fadhilah/keutamaan shalat atau ancaman bagi orang yang tidak sholat. Anda bisa meletakkannya di tempat yang mudah ditemukan suami Anda. Mungkin di kamar atau di mana. Bisa jadi saat ada Anda, dia tidak menyentuhnya. Namun saat Anda tidak di rumah, ia akan tertarik untuk membacanya.

4. Ajak ke pengajian atau ulama yang diseganinya

Ada pula tipe suami yang tidak bisa dinasehati istri, malas membaca buku, tetapi jika mendapat nasehat dari ulama atau ustadz yang diseganinya, ia akan mengikutinya.

Nah, jika suami tidak sholat termasuk tipe ini, ajaklah ia ke pengajian atau ke rumah ulama tersebut untuk mendapat nasehat. Tentu, sebelumnya Anda harus tahu siapa ulama atau ustadz yang berpengaruh terhadap suami Anda.

5. Ingatkan tentang anak-anak

Seringkali ada orang yang memiliki perilaku buruk, ia menghentikannya agar anak-anaknya tidak menirunya. Anda bisa mengingatkan suami Anda, bahwa ia adalah imam sekaligus kebanggaan anak-anak.

Apakah ia tidak ingin memiliki anak-anak yang shalih? Atau sebaliknya, ia ingin anak-anaknya menirunya tidak shalat? Semoga ia tersentuh dengan hal ini.

6. Doakan suami

Doakan suami terus menerus, terutama di waktu-waktu yang mustajab. Setiap selesai sholat lima waktu, pada sepertiga malam yang terakhir setelah sholat tahajud, pada waktu berbuka, dan sebagainya. Yakinlah bahwa hanya Allah Yang Maha Kuasa Membolak-balikkan hati manusia. Yakinlah bahwa Allah-lah yang Maha Pemberi petunjuk.

Mintalah kepadaNya agar Dia memberikan petunjuk dan hidayah kepada suami Anda untuk kembali menunaikan sholat.

7. Boleh minta cerai

Jika segala ikhtiar ini telah dilakukan tapi suami tetap tidak mau sholat, Ibu boleh minta cerai kepadanya. Katakan bahwa sebabnya adalah karena suami tidak sholat. Jika mendengar itu suami mau sholat, alhamdulillah.

Namun jika tetap tidak mau, cerai adalah jalan terbaik karena seorang muslimah yang sholihah tidak layak menjadi istri orang yang tidak sholat. Apalagi jika sampai ia jatuh pada kekafiran karena meninggalkan sholat lima waktu.


Demikian langkah yang perlu dilakukan bila suami tidak sholat. Semoga Allah memberikan taufiq kepadanya dan menjadikan keluarga ibu sakinah mawaddah wa rahmah. Aamiin ya Robbal 'alamiin

Allahu A'lam

sumber : WebMuslimah.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bolehkah Seorang Istri Minta Cerai Bila Suami Tidak Sholat?