Cara Mengatasi Anak yang Mulai Kecanduan Gadget

Bagikandakwah - Di zaman teknologi serba canggih ini, hampir semua orang sudah menggunakan gadget, mulai dari orang tua hingga anak-anak sekalipun semua menggunakannya. Bahkan anak kecil jaman sekrang pun sudah marah main hp bahkan kecanduan.


Berdasarkan studi Common Sense Media, dari 75% anak dibawah umur sudah mengakses perangkat seluler bahkan meningkat sebanyak 25% dalam dua tahun.

Anak dibawah umur sudah menggunakan teknologi dalam kesehariannya, pertanyannya adalah apakah mereka sudah kecanduan sehingga mereka tidak bisa terlepas dari yang namanya gadget?

Mungkin sebagai orang tua tidak akan cemas jika berdampak positif bagi seorang anak, lalu bagaimana jika yang terjadi justru malah sebaliknya.

Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak Muda (National Association for the Education of Young Children/NAEYC), menyarankan orang tua agar bisa membatasi anak dibawah umur untuk main gadget hingga usia anak 2 tahun. Karena pada usia tersebut sang anak lebih baik bermain mainan dan berintraksi yang tradisional.

Ketika sang anak merengek minta hp sebagai orang tua harus memilki strategi. NAEYC jika pun anak dibolehkan untuk bermain gadget maka sebagai orang tua harus memilih sesuatu yang positif misal melihat gambar binatang, tumbuhan atau foto keluarga.

Juga teknologi yang harus disesuaikan dengan usianya misal digunakan oleh balita. Alangkah lebih baik anak diajari dasar-dasar teknologi dengan membiarkan anak menyentuh layar hp.


Intinya oran tua harus bisa mengimbangi bermain seorang anak, jangan hanya gadget namun harus ada aktivitas lainnya, misal membaca bersama atau menikmati keindahan alam. 

Jangan terlalu sering anak bermain sendiri dengan gadgetnya, Batasi penggunaannya agar tidak kecanduan.

sumber :genpi.co
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Anak yang Mulai Kecanduan Gadget