Sering Nyeri Saat Haid ? Lakukan 6 Hal Ini

Bagikandakwah – Menjadi rutinitas bagi setiap wanita dan ia sendiri tidak dapat menolaknya adalah menstruasi. Menstruasi terjadi karena adanya peluruhan dalam dinding rahim akibat sel telur yang tidak dibuahi.



Banyak wanita yang sering mengeluh saat menstruasi. Mereka mengeluhkan rasa sakit yang begitu menyiksa sehingga menghambat aktivitas mereka.

Untuk mengatasi rasa nyeri yang berlebihan saat mengalami haid, ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari hal yang sederhana, pemakaian obat-obatan, hingga terapi hormonal.

Berikut ini beberapa tips dan cara mengatasi nyeri saat haid secara alami, antara lain:

1. Lakukan Pijatan Lembut Perut Bagian Bawah

Pijatlah perut bagian bawah Anda secara ringan dan lembut. Hal ini dapat meredakan rasa nyeri yang kamu alami, kemudian usap-usap mengunakan telapak tangan secara perlahan dibagian bawah perut Anda.

2. Mengonsumsi Minuman Hangat

Mengonsumsi minuman hangat cukup ampuh dan sudah banyak yang mencobanya. Anda bisa mencoba untuk meminum minuman hangat atau makanan hangat seperti jahe hangat atau sup hangat.

3. Kompres Perut

Mengatasi rasa nyeri saat haid juga bisa dilakukan dengan mengkompres perut Anda dengan air hangat menggunakan handuk dan biarkan beberapa saat.

4. Tidur-Tiduran

Hal ini juga bisa kamu coba, tidur-tiduranlah dan cari posisi tidur kamu senyaman mungkin dan tariklah nafas secara perlahan kemudian hembuskan secara perlahan juga.

5. Olahraga Ringan

Biasanya saat haid badan kita menjadi terasa pegal-pegal. Nah oleh sebab itu jangan malah malas untuk berolahraga, justru dengan sedikit olahraga ringan rasa pegal-pegal itu bisa hilang.

6. Jangan Sembarangan Menkonsumsi Minuman

Hindarilah minuman yang dingin serta berakohol kemudian gantilah dengan minuman hangat atau panas untuk mengurangi rasa nyeri.

Itulah beberapa tips tentang cara atasi nyeri saat menstuasi. Semoga dapat bermanfaat


Sumber: inspiradata.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sering Nyeri Saat Haid ? Lakukan 6 Hal Ini