Awalnya Hajar Aswad Berwarna Putih Susu, Sekarang Jadi Menghitam. Ternyata Ini Penyebabnya

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Tahukah anda  jika batu Hajar Aswad yang selama ini menjadi batu paling dimuliakan oleh Umat Islam ternyata dulu warna putih susu. Batu yang katanya diturunkan langsung dari surga ini punya bentuk warna seputih salju .



Lantas kenapa batu hajar Aswad kini berwarna hitam ? berikut kisahnya

Batu hajar Aswad menjadi hitam karena perbuatan manusia. Batu-batu tadi terkena pengaruh ydosa dan kemusyrikan manusia yang membuat batu hajar aswad kini berubah menjadi warna hitam pekat yang mengkilat.

Lewat sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, tercatat bahwa memang warna asli dari hajar aswad adalah putih. Arti dari hadits tersebut adalah suatu hari Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai batu hitam tersebut.

Mengenai bagaimana hajar aswad pertama kali muncul dari surga dengan warna putih yang jauh lebih putih jika dibandingkan dengan susu. Hitam yang kini mendominasi warna dari hajar aswad tadi dipercaya karena dosa-dosa dari para manusia.

Sementara dari Hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan dinilai shahih tersebut menceritakan tentang saat dimana Ibnu Abbas berkisah tentang sabda Nabi Muhammad SAW.

Arti dari hadits yang menjelaskan mengenai hajar aswad dulunya berwarna putih tersebut kira-kira menjelaskan bagaimana hajar aswad adalah sebuah batu yang asalnya dari surga dan lebih putih dari salju, tapi orang-orang musyrik membuat warna dari batu yang suci tersebut menjadi hitam gelap.

Hadits shahih lainnya yang diriwayatkan oleh beberapa orang seperti Ibnu Majah, Tirmidzi, dan Ahmad menuliskan tentang bagaimana kondisi dari hajar aswad ketika kiamat tiba.

Sesungguhnya batu tersebut akan diutus saat hari kiamat tiba dengan dua mata untuk melihat, dan mempunyai mulut yang membuatnya menjadi mampu berkata. Ia kemudian akan bersaksi mengenai siapa-siapa saja yang benar-benar menyentuhnya.

Dan perlu kamu ketahui jika batu hajar Aswad ini punya keistimewaan tersendiri yang diantaranya:

1. Tempat tersebut adalah tempat yang menjadi letak dari pondasi Nabi Ibrahim AS.

2. Di tempat tersebut ada hajar aswad.

Dari keistimewaan itulah yang membuat kita harus selalu melakukan dua hal khusus saat berhadapan dengan hajar aswad, yaitu untuk mengusap dan mencium hajar aswad.

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sahabat dakwah,


Sumber: inafeed.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Awalnya Hajar Aswad Berwarna Putih Susu, Sekarang Jadi Menghitam. Ternyata Ini Penyebabnya