Inilah 10 Fakta Anak Pertama Perempuan yang Jarang Diketahui

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Anggapan menilai anak pertama terkesan lebih tegar, mandiri dan bersosok sebagai pemimpin. Lalu bagaimana jika anak pertama itu adalah perempuan?



Karena ada anggapan bahwa sosok yang tegar dan berjiwa pemimpin itu ada pada anak laki-laki. Daripada percaya anggapan. Yuk kita bahas mengenai fakta anak pertama perempuan. Berikut ulasan selengkapnya tentang anak perempuan

1. Fakta Tentang Anak Pertama Perempuan, Pundaknya Harus Kuat

Menjadi anak pertama bukan merupakan pilihan. Mungkin prosesnya akan berat. Tidak jarang ia ikut menjadi tulang punggung keluarga.

Tidak ada tenpat baginya untuk bermanja-manja sebagaimana pada umumnya adik pada kakaknya. Tidak ada yang bisa menolong dirinya, kecuali dirinya dan harap besar kepada Tuhan.

2. Anak Pertama Perempuan Lebih Ambisius Dibandingkan Anak Laki-laki

Setidaknya fakta anak pertama perempuan ini diungkapkan dalam penelitian di The University of Essex sebagaimana dikutip dalam dailymail.co.uk. Penelitian menunjukkan bahwa anak pertama perempuan 13% lebih ambisius dibandingkan dengan anak laki-laki pertama.

J.K. Rowling, Hillary Clinton, Oprah Winfrey dan Beyoncé kesemuanya adalah anak pertama perempuan di dalam keluarga mereka. Mereka kemudian menjadi orang yang berpengaruh dan menjadi orang yang sukses.

3. Anak Pertama Perempuan Lebih Gemuk dibandingkan Saudara Perempuannya yang Lain

Ini mungkin terdengar lucu, namun inilah salah satu fakta unik anak pertama perempuan. Setidaknya inilah fakta yang diungkap laman web today.com.

Sebuah studi yang melibatkan 26.000 perempuan Swedia menemukan bahwa anak pertama perempuan hampir sekitar 30 persen kelebihan berat badan dan 40 persen lainnya lebih gemuk dibandingkan saudara perempuan yang mereka miliki.

4. Bersiaplah Barang-Barang Anda Dicuri

Jika anda anak pertama perempuan, anda akan memahami betapa terganggunya anda karena ulah adik perempuan anda yang kadang mencuri barang-barang yang anda miliki.

Inilah kadang fakta unik anak pertama perempuan, dia harus rela berbagi dengan adik-adiknya. Mulai dari hal-hal kecil, mungkin dari soal dandanan, gaya pemilihan pakaian, dan sebagainya.

Ini tidak lepas karena anak pertama perempuan menjadi role model (contoh) bagi adik-adiknya.

5. Anak Pertama Perempuan Lebih Peduli terhadap Pendidikan dibandingkan Adik-adiknya

Fakta anak pertama wanita yang lain adalah ia sangat peduli dengan pendidikan. Ia menjadi orang yang sangat peduli dengan contoh yang baik. Tidak lain guna memotivasi adik-adiknya.

Walaupun tidak jarang pula, karena keinginan ingin membantu orang tua. Anak pertama perempuan terjun langsung membantu orang tua mencari nafkah.

Namun dalam penelitian di British Household Panel Survey dan Understanding Society tentang hubungan anak sulung perempuan dengan kesuksesan.



Hasilnya, anak sulung perempuan ternyata lebih memperhatikan pendidikan ketimbang adik-adiknya. Misalnya, anak sulung perempuan cenderung lebih niat menuntut ilmu di sekolah atau kampus yang berkualitas, meskipun lokasinya lebih jauh dari rumah.

6. Paling Paham Jatuh Bangun Orang Tua

Menjadi yang sulung berarti siap dan paling paham proses jatuh bangun orang tua. Akan tahu banyak mengenai proses pahit dalam keluarga.

Dari mulai kehidupan keluarga yang sederhana, berusaha terus dibangun oleh ayah dengan segala kemampuannya. Mencari nafkah dan merasakan sendiri proses gagal dan suksesnya orang tua.

Bagi anak pertama perempuan, jika orang tua lagi kesusahan maka itupun akan menjadi beban pikiran baginya. Ini membuat anak pertama perempuan menjadi tidak manja. Dewasa dengan proses hidup yang didapatnya.

7. Harapan Orang Tua ada Pada Pundakmu, Dan Kamu Akan Tahu Bagaimana Mewujudkannya

Normal jika orang tua punya harapan dan doa bagi anak-anaknya. Dan tidak ada yang lebih paham akan hal ini kecuali anak pertama.

Menjadi anak pertama perempuan membuat kehadiranmu paling dinanti dan dipersiapkan oleh orang tua. Persiapan kelahiranmu di muka bumi ini, dilakukan dengan penuh harap tinggi, cemas dan khawatir berlebihan.

Engkau menjadi pusat perhatian dan pengharapan orang tua. Darimula engkau tahu harapan dan cita-cita orang tua. Ini membuatmu tahu bentuk kesuksesan yang diinginkan orang tua.

8. Jembatan Komunikasi antara Orang Tua dengan Saudara yang Lain

Menjadi anak pertama perempuan berarti harus pintar-pintar menjadi jembatan komunikasi antara orang tua dan adik-adik yang lain.

Kerasan kan kalau ada yang dikomunikasikan atau diperbincangkan, peran anak pertama perempuan pun akan besar dan didengar.

Orang tua akan memahamkan terlebih dahulu kepadamu. Setelah itu diharapkan engkau akan menjadi corong atau jembatan agar adik-adikmu juga paham lewat tangan-tanganmu dan contoh yang engkau berikan.

9. Karena Tanggung Jawabmu Besar, Anak Pertama Perempuan akan Terbiasa Mengalah dan Melindungi

Menjadi sulung perempuan membuatmu bertugas untuk menjaga adik-adikmu. Menjaga mereka saat orang di kantor atau tidak ada di rumah serta memastikan mereka tidak diganggu anak-anak sebayanya.

Ini membuat naluri anak pertama menjadi orang yang pendamai, lembut bagi adik-adiknya. Terbiasa mengalah berbagi mainan atau kemauan adalah hal lumrah bagimu.

Anak pertama akan bersedia turun tangan dan mengalah jika sang adik merengek atau memperebutkan mainan. Namun, naluri menjagamu akan naik jika sang adik ada yang iseng mengganggu. Engkau akan bela dia mati-matian.

Kebiasaan dan pengalaman ini membuatmu menjadi orang yang melindungi dan berbesar hati. Ambisi pribadimu semuanya akan arahkan untuk orang-orang yang kau kasihi.

10. Fakta Anak Pertama Perempuan Adalah Kesayangan Orang Tua

Mungkin karena berkah kasih sayang yang berlimpah maka harus dibayar timpal dengan peran anak pertama perempuan yang besar.

Kadang memang anak pertama perempuan lebih dispesialkan. Pilih kasih dan anak sulung perempuan cenderung menjadi anak kesayangan orang tuanya.

Bayaran ini didapatkan karena dia terlahir di saat orang tuanya masih berjuang untuk mencapai kesuksesan. Jadi anak pertama perempuan akan ikut merasakan suka duka kedua orangtuanya. Dia hadir dalam moment-moment perjalanan sukses orang tuanya.

Jika ingin dipikir ulang, maka dibalik peran besarnya anak pertama tersimpan fakta anak pertama perempuan yang kadang orang tidak paham.

Mengutip kalimat dalam film Spiderman, dibalik kekuatan besar terdapat tanggung jawab besar. Anak sulung perempuan, berbanggalah dibalik tanggung jawabmu yang besar ada hadiah Tuhan kepadamu dengan pribadi yang tegar, dewasa dan kuat.

Bagaimana pendapat anda? Bagikan ke yang lain jika ini ada benarnya dan berikan komentar anda pada kolom komentar untuk berbagi pengalaman. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami… Salam santun


Sumber: bicarawanita.xyz
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 10 Fakta Anak Pertama Perempuan yang Jarang Diketahui