Doa Kesembuhan Yang Pernah Dibaca Nabi Saat Sahabatnya Sakit

Bagikandakwah - Apapun yang ada pada diri kita dan yang kita alami adalah ujian dari Allah SWT. Jangankan sakit, sehatpun merupakan ujian dari Allah, ketika kita sakit sebenarnya Allah ingin menggugurkan dosa kita jika kita mampu bersabar dan ikhlas. Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan bahwa Allah menjadikan manusia sakit sebagai bentuk ujian agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memicu muslim agar semakin banyak memanjatkan doa.



Rasulullah SAW mengajarkan doa-doa untuk kesembuhan orang yang sakit agar diberi kesehatan juga sembuh kembali. Ketika Rasulullah menjenguk sahabatnya yang sedang sakit yaitu Salman Al-Farisi RA. Beliau membacakan doa berikut

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,”

Riwayat lain, yang diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA. Rasulullah mendoakan sahabatnya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar).

Ketika seseorang meninggal karena sakit perut atau karena thaun maka ia dianggap mati sahid. Sebagaimana diterangkan dalam salah satu riwayat hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda:

الشَّهَادَةُ سَبْعٌ سِوَى الْقَتْلِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ: الْمَطْعُونُ شَهِيدٌ، وَالْغَرِقُ شَهِيدٌ، وَصَاحِبُ ذَاتِ الْجَنْبِ شَهِيدٌ، وَالْمَبْطُونُ شَهِيدٌ، وَصَاحِبُ الْحَرِيقِ شَهِيدٌ، وَالَّذِي يَمُوتُ تَحْتَ الْهَدْمِ شَهِيدٌ، وَالْمَرْأَةُ تَمُوتُ بِجُمْعٍ شَهِيدٌ


Artinya: “Mati syahid ada tujuh selain yang terbunuh di jalan Allah: Orang yang mati karena thaun (wabah) syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, syahid. Orang yang mati sakit perut, syahid. Orang yang mati terbakar, syahid. Orang yang mati karena tertimpa benda keras, syahid. Dan wanita yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud).

Demikianlah doa yang bisa kita baca saat sedang sakit, Semoga Allah memberi kesembuhan kepada orang yang sedang mengalami sakit.

sumber : [muslim.okezone.com]
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Kesembuhan Yang Pernah Dibaca Nabi Saat Sahabatnya Sakit