Cara Baikan Dengan Pasangan Setelah Bertengkar Hebat

Bagikandakwah - Pernikahan itu terdiri dari dua orang yang memiliki karakter, sifat dan pemikiran yang berbeda sehingga akan muncul berbagai konflik mulai dari konflik yang kecil hingga perdedatan yang hebat. Jika permasalahan yang ada tidak segera diatasi maka akan menjadi bom waktu yang bisa menyebabkan pernikahanmu berantakan disebabkan tidak bisa mengalahkan ego masing-masing.



Mungkin memang akan merasa canggung, namun harus segera mencari cara agar bisa kembali mesra setelah bertengkar hebat.

1. Tenangkan Dirimu dan Lakukan Introspeksi
Buat dirimu setenang mungkin, jangan menyalahkan pasangan dan membenarkan diri. Karena terkadang ketika emosi semua menjadi serba salah dan yang membuatmu merasa puas adalah perceraian. Maka dari itu jangan sampai pikiranmu dikuasai oleh amarah. Lebih baik ingat kembali komitmen yang sudah pernah dibuat agar tidak menggoyahkan pernikahan.

2. Katakan Dengan Jujur Apa yang Kamu Rasakan Ketika Selah Siap
Ambil cara yang tepat untuk membicarakan pertengkaran bersama pasangan. Berbicaralah dari hati ke hati dan tentu menggunakan kepala dingin tanpa menggunakan emosi. Apapun yang kamu rasakan dan apapun yang ada didalam benakmu katakan tanpa mengurangi dan melebih-lebihkan.

Pernikahan akan menjadi baik hanya apabila kedua belah pihak sama-sama memberi ruang untuk memaafkan. Tidak perlu merasa segan kepada pasanganmu, sebab hal tersebut justru bisa membuat hubungan semakin erat.

3. Hindari Pernyataan yang Menyudutkan Pasangan
Pertengkaran ada untuk memahami satu sama lain. Ketika ada masalah harus fokus pada masalahnya dan jangan menyalahkan pasangan.

Ungkapkan semua yang kamu rasakan melalui apa yang kamu rasakan dari sudut pandangmu. Tapi kamu juga harus peka dan terbuka terhadap pemikiran pasanganmu.

4. Beri Kesempatan Pasangan untuk Memberi Penjelasan dan Dengarkan Dengan Baik
Menjadi pendengar yang baik, pasanganmu juga berhak menyuarakan perasaannya. Lihat dari sudut pandang pasanganmu karena bisa jadi ia juga memiliki unek-unek yang selama ini tidak pernah diutarakan kepadamu.

Itulah beberapa tips baikan setelah mengalami pertengkaran dengan pasangan. Semoga bermanfaat

sumber :popbela.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Baikan Dengan Pasangan Setelah Bertengkar Hebat