Doa Agar Dijauhkan Dari Sifat Malas

Bagikandakwah - Setiap orang memiliki sifat buruk, salah satunya adalah rasa malas. Jika rasa malas ini tidak dilawan maka akan berimbas pada banyak hal yang seharusnya dikerjakan dengan baik dan selesai dengan baik pula.



Sehingga kita harus memiliki cara untuk mengatasinya. Dikutip dari laman Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) salah satu cara melawan rasa malas yaitu dengan berdoa agar dijauhkan dari rasa malas.

1. Berdoa Anti Malas

Berikut ini doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

Rasulullah bersabda “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.” (HR. Bukhari).

Karena sumber rasa malas disebebkan oleh dorongan hwa nafsu yang diperkuat dengan dengan bisikan setan. Itu sebabnya setiap insian perlu memohon perlindungan kepada Allah SWT.

2. Mencari Penyebab Rasa Malas
Cara kedua yaitu mencari penyebab rasa malas anda sehingga ketika mengetahui penyebabnya maka akan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Contoh: Malas karena tidak percaya diri, malas karena pesimis, malas karena merasa enggak ada gunanya dikerjakan, malas karena gak yakin sama hasilnya dan lain-lain.


Misalnya malas karena tidak percaya diri, malas karena merasa pesimis, malas karena merasa enggak ada gunanya dikerjakan, malas karena enggak yakin akan hasilnya, dan lain sebagainya. Jika penyebabnya di atas, rasa malas otomatis hilang.

Semoga Allah menjauhkan kita dari rasa malas. Aamiin

sumber : [muslim.okezone.com]
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Agar Dijauhkan Dari Sifat Malas