Ini Cara Mengenal dan Mengetahui Karakter Calon Pasangamu Sebelum Menikah

Bagikandakwah - Menikah adalah perjalanan panjang yang harus ditempuh oleh dua orang. Menikah adalah menyatukan antara dua orang yang memiliki latar belakang yang berbeda karena dibentuk oleh lingkungan yang berbeda juga. Dengan adanya ijab qobul sehingga menjadi suami-istri yang sah.

Dengan menikah maka keduanya akan melewati suka dan duka bersama. Diharapkan didalam pernikahan tersebut memiliki rasa percaya agar keduanya saling mendukung didalam kebaikan serta saling mengingatkan ketika salah satunya melakukan kesalahan.
Ketika sudah menikah antara suami-istri akan terjadi perdebatan dikarenakan berbeda pendapat, seringkali hal sepele membuat pasangan suami istri bertengkar. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk menikah maka keduanya harus sama-sama mengenal karakter satu sama lain sehingga pertengkaran yang terjadi tidak berlangsung lama.
Karena Nabi Muhammad memperbolehkan seseorang berselisih namun dibatas waktu sebanyak tiga hari saja. Hal ini bertujuan agar keduanya sama-sama berintropeksi diri dan menurunkan keegoisan masing-masing sehingga bisa saling meminta maaf dan memaafkan. Jika perselisihan tersebut lebih dari tiga hari maka keduanya akan berdosa.
Namun faktanya banyak dari pasangan yang tidak mengenal pasangannya sehingga bisa menyebabkan perselisihan didalam ruamh tangganya, berpisah ranjang bahkan berakhir pada perceraian. Ada yang menikah kurang dari satu tahun sudah bercerai. Atau bahkan pernikahannya sudah berumur 20 tahun tetap masih bisa bercerai, hal ini sungguh disayangkan. Pernikahan yang awalnya dibangun susah payah berdua harus berakhir ketika tidak bisa mengenal karakter satu sama lain.
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa mengenal karakter calon pasangan kita dengan baik, sehingga ketika sudah menikah maka kita akan saling menyayangi dan saling berkorban.
Cara Untuk Mengenal Pasangan
1. Bagaimana Ia Berbisnis atau Bekerja
Nabi Muhammad dipilih oleh khadijah sebab kejujuran dan amanahnya yang dimiliki oleh baliau ketika berbisnis. Ketika seseorang bisa amanah dna jujur dalam bisnisnya maka Insya Allah ia juga amanah dalam berkeluarga. Sebab ketika berbisnis ada banyak peluang yang bisa dilakukan ketika seseorang ingin melakukan kecurangan.
Ketika seseorangberbisnis dan mengambil keuntungan pribadi dengan cara yang tidak baik maka sudah dipastikan bahwa orang tersebut merugi karena ia hanya mementingkan diri sendiri. Maka kelak ketika sudha menikah pun hanya akan mementingkan dirinya sendiri. Dan membutuhkan upaya yang lebih besar untuk meluluhkan keegoisan yang dimiliki.
2. Bertanya Kepada Orang yang Sering Bermalam Dengannya
Untuk mengetahui kebiasaan calon pasangan kita hendaknya kita bertanya kepada teman dekatnya yang sering bersama dan sering bermalan ditempatnya. Sebab orang yang dekat dan selalu menginap ditempatnya akan mengetahui prilaku aslinya yang tidak diperlihatkan dimuka umum. Semua kebiasannya akan diektahui dari orang terdekatnya, mulai dari jam berapa tidur, jam berapa bangun, aktivitas yang ia lakukan, bagaimana ia berintraksi dengan tetangga dan kelaurga bahkan dengan hewan peliharaan. Sikap ketika ada dirumah perlu kita kehatui sebab itulah yang akan ia lakukan kepada keluarganya.
3. Mengetahui Buku Apa Saja yang Telah Ia Baca
Sebagaimana pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Berapa buku yang sudah dibaca dan dipahami akan mencerminkan seberapa besar penegtahuan seseorang. Buka yang dibaca akan mempengaruhi pola pikir, cara mengambil keputusan terhadap suatu hal. Pengetahuan yang luas adalah dimiliki oleh seseorang yang suka membaca. Karena dari buku ia belajar apa yang tidak ia ketahui di dunia nyata.
Maka dari itu sangat pengting kita mengetahui buku apa saja yang sudah dibaca oleh calon pasangan kita terutama tentang rumah tangga. Walau setiap rumah tangga memiliki warna tersendiri akan tetapi penting bagi kedua calon pasangan mengetahui tentang rumah tangga. Karena didalam rumah tangga pasti akan ada angin, badai yang akan menerjang pernikahanya. Jika memiliki dasar pengetahuan dalam rumah tangganya maka akan tahu bagaimana cara mengatasinya.
Memilh pasangan hidup bukan perkara yang mudah, tak perlu menikah cepat untuk menghindari cemoohan dan gunjingan orang lain bahwa anda tidak laki. Sebab jodoh Allah sudah mengaturnya dan sampai kapan pun tidak akan pernah tertukar. Ketahuilah bahwa Allah tidak pernah kehabisan memisahkan yang tak berjodoh dan menyatukan yang sudah berjodoh.
Mengenal calon pasangan adalah hal penting dan pondasi pernikahan, agar kelak bisa mengantisipasi berbagai hal sehingga bisa tetap memahami dan saling mengutamakan kepentingan, juga bisa menurunkan ego agar pernikahannya bisa terselamatkan.
Nah, itulah beberapa ulasan cara mengetahui dan mengenal karakter calon pasangan kita. Semoga dapat bermanfaat

 [ummi-online.com]
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Cara Mengenal dan Mengetahui Karakter Calon Pasangamu Sebelum Menikah