3 Masalah yang Sering Terjadi Dalam Kehidupan Rumah Tangga

Bagikandakwah - Menikah itu merupakan ibadah terlama yang akan kita lalui. Sudah bukan aku dan kamu melainkan menjadi kita dan sudah menjadi satu kesatuan yang harus saling menguatkan. Apalagi jika pernikahannya sudah lama sebagaimana cerita pasangan suami istri ini yang sudah menginjak 12 tahun, yang mana sudah memiliki 4 buah hati. Sehingga benar-beanr diperhitungkan ketika akan mengambil keputusan.

Seperti kisah suami-istri ini, yang mana pernikahannya sudah memasuki bulan ke 12. Mereka berkata usia lama bukan berarti semua akan menjadi lebih mudah, namun tetap harus berusaha menumbuhkan benih-benih cinta yang harus selalu sejalan dengan perintah-Nya. Menikah itu adalah proses pengenalan yang mana pengenalan tersebut berlangsung selamanya. Kita yang sekarang tentu berbeda dengan kita saat ini sebab masalah yang datang merubah kepribadian kita.
Ketahuilah bahwa masalah itu akan selalu ada, hal itulah yang menjadi tanda bahwa kita masih hidup di dunia. Bagitu pula yang terjadi didalam pernikahan, walau setiap masalah itu tidak sama akan tetapi cara menyelesaikan dan melaluinya memiliki persamaan.
1.Komunikasi
Hal yang paling utama di dalam pernikahan adalah membangun komunikasi sebaik mungkin. Karena memandam perasaan tidak akan menyelesaikan masalah. Semakin nyaman berkomunikasi maka akan semakin santai untuk menungkapkan segala uneg-uneg yang ada di dalam pikiran.
Walau butuh proses yang tidak sebentar akan tetapi jika tidak dicoba maka akan semakin sulit. Maka dari itu sebagai pasangan suami-istri harus bisa berkomukasi. Pasangan suami-istri harus bisa menjadi tempat curhat ternyaman, menjadi seseorang yang paling dipercaya, selalu mendukung, mensupport dan selalu mengasihi.
2.(Pendidikan) Anak
Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang memililiki pribadi yang lebih baik lagi. Seorang anak harus mendapatkan kasih sayang yang cukup, perhatian yang lebih. Karena ketika sudah menikah dan memiliki anak tentu harus tahu bagaiman acara membagi perhatian kepada keluarga dan anak. Menurut kajian kehidupan rumah tangga itu dibagi menjadi 3 bagian.

Yang Pertama: 10 Tahun pertama dimana fase ini adalah fase berkembang biak
Kedua: 10 Tahun kedua adalah fase mendidik anak
Ketiga: Fase bersosialisai
3.Aktualisasi Diri
Masing-masing harus bisa membangun komunikasi dan merencanakan apa saja yang harus dilakukan pada fase 10 tahun keatas. Walau terkesan lama akan tetapi harus dipersiapkan dari sekarang. Bukan hanya mempersipakan diri sendiri akan tetapi demi pasangan kita.
Perlu diketahui bahwa pasangan suami-istri itu adalah satu team sehingga akan mudah melewati masalah didalam perbikahan. Juga tidak pernah lupa untuk selalu berdoa kepada Allah agar selalu diberi kemudahan, selalu di ridhoi oleh Allah SWT.
“Robbana Hab Lana Min Azwajina Wa Dzurriyatina Qurrota A’yun, Waj’alna Lilmuttaqina Imamaa.”
“Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Al Furqon:74) 
Sobat dakwah, Jika engkau sedang bermasalah dengan pasangan, tenangkanlah hatimu bahwa semua itu ujian dari Allah, Segera selesaikan dengan kepala dingin.
sumber :ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Masalah yang Sering Terjadi Dalam Kehidupan Rumah Tangga