Anjuran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Jangan Langsung Tidur Setelah Berhubung4n Su4mi-Istri

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Apa yang sebaiknya dilakukan sesudah berhubung4an su4mi-istri, mandi wajib terlebih dahulu atau boleh langsung tidur? Berikut jawabannya sesuai anjuran Rasulullah



Islam adalah agama yang ringan dilakukan karena sesuai dengan fitrah manusia. Untuk hal ini, Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam mencontohkan keduanya, tapi beliau menyarankan tidak langsung tidur, melainkan membersihkan dulu kemaluan dan berwudhu.

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata bahwa ‘Umar bin Al Khottob pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Apakah salah seorang di antara kami boleh tidur sedangan ia dalam keadaan junub?” Beliau menjawab, “Iya, jika salah seorang di antara kalian junub, hendaklah ia berwudhu lalu tidur.” (HR. Bukhari no. 287 dan Muslim no. 306).

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa jika dalam keadaan junub dan hendak tidur, beliau mencuci kemaluannya lalu berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat.” (HR. Bukhari no. 288).

“Bagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika dalam keadaan junub? Apakah beliau mandi sebelum tidur ataukah tidur sebelum mandi?” ‘Aisyah menjawab, “Semua itu pernah dilakukan oleh beliau. Kadang beliau mandi, lalu tidur. Kadang pula beliau wudhu, barulah tidur.” ‘Abdullah bin Abu Qois berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan segala urusan begitu lapang.” (HR. Muslim no. 307).

Alhamdulillah, semoga tulisan yang singkat ini bisa bermanfaat


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Anjuran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Jangan Langsung Tidur Setelah Berhubung4n Su4mi-Istri