Tahukah Anda bahwa setiap persendian tubuh kita diwajibkan bersedekah setiap harinya ? Begini Cara Sedekahnya

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Tahukah Anda bahwa setiap persendian tubuh kita diwajibkan bersedekah setiap harinya?  Berikut haditsnya
“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian,” (HR. Muslim no. 2377)




“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedakah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lalu, bagaimana jika kita merasa kesulitan bersedekah sekalipun hanya dengan melakukan kebaikan-kebaikan untuk orang lain?

Ada satu amalan yang mencukupi sedekah 360 persendian kita, oleh sebab itu perlu untuk kita rutinkan setiap harinya, yakni dengan shalat Dhuha minimal dua rakaat:

“Setiap persendian salah seorang di antara kalian ada sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan sudah mencukupi hal itu dua rakaat dhuha yang dilaksanakannya,” (HR. Muslim dari Abu Dzarr ra).

Jangan sampai kenikmatan setiap persendian yang Allah anugerahkan pada kita, yang membuat kita mampu berjalan, menggenggam, memasak, mencuci, mengunyah, tidak kita syukuri dengan selayaknya.

Sahabat dakwah, Marilah kita lakukan shalat Dhuha rutin setiap harinya, semoga kita tercatat sebagai hamba Allah yang bersyukur.


Sumber: islampos.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tahukah Anda bahwa setiap persendian tubuh kita diwajibkan bersedekah setiap harinya ? Begini Cara Sedekahnya