Inilah 7 Hal Sepele Yang Bisa Membuatmu Mudah Diganggu Syetan, No 3 Sering kita Lakukan

Bagikandakwah – Sahabat dakwah,  kita sangat sering menyepelekan sesuatu yang padahal telah diwanti-wanti oleh Rasulullah sebagai perbuatan syetan atau bisa menyebabkan syetan mudah mengganggu diri kita.



Syetan itu dijelaskan Allah dalam Al quran sebagai musuh yang nyata bagi manusia. Mereka jelas-jelas mengganggu dan bisa menyesatkan kita.

Jika Sahabat Ummi merasa sangat mudah marah, malas ibadah, gampang lelah, coba deh hentikan melakukan hal-hal yang bisa memudahkan syetan mengganggu diri kita atau bahkan masuk ke dalam tubuh kita. Ajarkan juga keluarga dan teman-teman terdekat mengenai bahaya ini.

Berikut ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Mudah Diganggu Syetan :

1. Menguap lebar tanpa menutup mulut

"Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya sedapat mungkin.” (HR Muslim)

"Apabila salah seorang di antara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syeitan akan masuk (ke dalam mulut yang terbuka). ” (HR. Muslim no.2995 (57) dan Abu Dawud no.5026)
  
2. Makan dan minum tanpa mengucap basmallah

"Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya." (HR Abu Daud)

3. Makan dan minum dengan tangan kiri

"jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020)


4. Memakai segala sesuatu dari bagian kiri tubuh

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya” (HR. Bukhari 168).

5. Tidak mengibas tempat tidur sebelum menggunakannya

 "Apabila salah seorang dari kalian hendak barbaring di tempat tidurnya hendaklah ia kibas-kibas tempat tidurnya itu dengan sarungnya. Karena dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya." (HR Bukhari Muslim)

Hadits lainnya sebagai tambahan: "Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi, maka dianjurkan untuk mengibasinya kembali." (Sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi. 3410, dishahihkan dalam Kalim Thoyyib: 3410)

"Tidak ada satu kasur pun yg tergelar di dalam suatu rumah yg tidak ditiduri oleh manusia, kecuali SETAN AKAN TIDUR DI ATAS KASUR ITU…” (Akamul Marjan fi ahkamil Jaan hal.150)

  
6. Masuk kamar mandi tidak membaca bismillah atau doa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika memasuki jamban, beliau ucapkan: Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khobaits (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan) (HR. Bukhari muslim)

"Masuklah ke dalam jamban (WC/toilet) dengan mendahulukan kaki kiri, ke luar dengan mendahulukan kaki kanan." (H.R. Tirmidzi)
  
7. Buang kotoran sembarangan

Baik kotoran hajat (buang air kecil, buang air besar), ataupun berupa darah kotor bekas pembalut, bekas berbekam dan lain lain sebagainya.

"Takutlah (jauhilah) dua perbuatan terkutuk!”

Para sahabat bertanya, “Apakah kedua perbuatan itu wahai Rasulullah?”

Jawab Beliau, “Orang yang buang air besar di jalan tempat orang banyak melintas atau di tempat mereka berteduh (seperti di bawah pohon).” (H.R. Muslim).

"Jangan buang air di lubang binatang, di jalan tempat orang lewat, di tempat berteduh, di sumber air, di tempat pemandian, di bawah pohon yang sedang berbuah, atau di air yang mengalir ke arah orang-orang yang sedang mandi atau mencuci.” (H.R. Muslim, Tirmidzi)

Itulah 7 hal yang sering kita sepelehkan, Semoga kita senantiasa berhati-hati dan tidak menyepelekan permasalahan ini.



Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 7 Hal Sepele Yang Bisa Membuatmu Mudah Diganggu Syetan, No 3 Sering kita Lakukan