Masya Allah, Pahala Menafkahi Keluarga Sangat Besar, Berbanggalah Kamu yang Menafkahi Keluarga dengan Jalan Halal

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Sangat mengherankan apabila ada yang menolak untuk menafkahi keluarganya, atau memberi nafkah sekadarnya, padahal balasan yang dijanjikan Allah untuk para pencari nafkah sangat luar biasa.



Sahabat dakwah, mudah-mudahan lewat tulisan ini bisa menjadi penyemangat para suami untuk memberi nafkah terbaik pada anak istri. Juga menjadi penyemangat anak-anak muda yang bekerja menjadi tulang punggung untuk orangtuanya.

Ketahuilah bahwa uang yang engkau keluarkan untuk menafkahi keluargamu jauh lebih besar pahalanya daripada memerdekakan seorang hamba sahaya/budak. Masya Allah...

Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda, "Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi),” (HR. Muslim no. 995).

Dalam Islam, ada prioritas dalam bersedekah. Jika harta kita seadanya saja... maka nafkahkanlah untuk keluarga seoptimal mungkin. Jika harta kita melimpah ruah, setelah keluarga inti tercukupi... pastikan orang-orang yang menjadi tanggungan kita lainnya juga terpenuhi kebutuhannya. Misalnya... para pekerja yang kita miliki, pengasuh anak, jangan sampai mereka bekerja sambil menggerutu karena kebakhilan majikannya.

Setelah itu, prioritaskan keluarga dan kerabat yang mungkin memiliki utang, atau telah menjadi janda, memiliki anak yatim. Jangan sampai kita mengabaikan mereka.

Selanjutnya, tengok tetangga kanan dan kiri, apakah mereka bisa tidur dalam keadaan perut terisi? Ataukah kita membiarkan tetangga kelaparan sedangkan kita berlebihan harta?

Jangan lupakan pula hak-hak saudara kita yang sedang berjuang di jalan Allah. Saudara-saudari kita sesama muslim di belahan dunia lain yang tertindas oleh kezaliman.

Sahabat dakwah, Demikianlah prioritas dalam bersedekah atau menginfakkan harta kita. Jangan sampai kita selalu pencitraan sedekah ke sana ke mari, namun keluarga dan orang-orang terdekat merasa tidak mendapat manfaat dari kelebihan harta yang kita miliki. Astaghfirullah.


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Masya Allah, Pahala Menafkahi Keluarga Sangat Besar, Berbanggalah Kamu yang Menafkahi Keluarga dengan Jalan Halal