Kalau Tidak Bisa Habiskan, Lebih Baik Kamu Minum Air Kemasan dalam Gelas, Ini Alasannya

Bagikandakwah - Sahabat dakwah, semua orang pasti pernah minum air kemasan dalam gelas? Mungkin saat menghadiri majelis, pengajian, kondangan, reunian, kita sudah terbiasa melihat orang-orang membiarkan air tersisa di dalam kemasan gelas tersebut. Atau mungkin kita sendiri ikutan melakukannya.



Sadarkah kalau perbuatan tersebut dibenci oleh Allah? Kelihatan sepele, tapi pikirkanlah bahwa sisa air dalam gelas tersebut menjadi tak bermanfaat.


“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid. Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al A’raf : 31)

Usahakan menghabiskan air minum dalam kemasan, atau manfaatkan air tersebut untuk menyiram tanaman, atau hal berguna lainnya. Jika kita biarkan air minum tersisa tanpa dimanfaatkan, sama dengan telah melakukan pemborosan. Lebih baik sekalian tidak usah kita minum sama sekali, atau bawalah tumbler sendiri dari rumah.

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’ [17]: 26-27)

Semoga yang terlihat sepele ini tidak kita remehkan. Barangkali inilah penyebab kebencian Allah pada gaya hidup kita yang serba menghambur-hamburkan hal berharga. Astaghfirullah.

Semoga tulisan ini menjadi pengingat dan bermanfaat


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kalau Tidak Bisa Habiskan, Lebih Baik Kamu Minum Air Kemasan dalam Gelas, Ini Alasannya