Ternyata, Inilah Pihak Ketiga Yang Sering Menyusup di Rumah Tanggamu

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, tulisan ini berawal dari mendengar ceramah mufti Zimbabwe, Ismail bin Musa Menk yang fasih dalam bahasa Inggris itu. Seorang sahabatnya yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata, sehingga diterima di Oxford University mengeluh tentang kegagalannnya dalam berumah tangga. Hal ini dipicu oleh kegemarannya bermain gajet dan disibukkan dengan melayani para followers melalui media sosial (medsos). Akhirnya isterinya melarikan diri, karena merasa tidak diperhatikan dan tidak diutamakan.



Menurut saya kisah ini merupakan pelajaran berharga bagi gajet dan medsos lovers. Tidak ada orang yang tidak terikat dengan perkembangan teknologi mutaakhir ini. Termasuk pasangan suami isteri. Tanpa disadari kegandrungan bermain gajet dan melayani media sosial (medsos) termasuk salah satu penyebab keretakan rumah tangga. Di Amerika serikat, survei yang dilakukan oleh American Academy Of Matrimonial Lawyers angka perceraian akibat media sosial meningkat menjadi 80 persen. Demikian juga keadaan di Indonesia, menurut laporan manadopostonline.com pada tahun 2016, angka perceraian akibat media sosial (medsos) semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Menggunakan gajet dan medsos tidak dilarang, bahkan ianya memiliki dampak positif yang sangat banyak seperti media untuk bersilaturrahim, mengirim informasi dengan cepat, cepat tanggap terhadap sahabat-sahabat yang kesusahan dan lain-lain. Namun ketika tidak bijak menggunakannya maka akan dijangkiti gangguan psikis seperti cemas meninggalkan followers (social anxiety disorder), terlalu terikat dengan ponsel (obsessive compulsive disorder), terikat dengan mengupdate kehidupan orang lain (fear of missing out). Bagi pasangan suami isteri efek negatifnya melupakan keluarga, sarana selingkuh, mengumbar masalah rumah tangga dan sederetan efek negatif yang lain.

Gadget dan medsos adalah pihak ketiga yang  masuk menyusup ke persada rumah tangga, maka berwaspada dan berhati-hatilah. Jangan sampai gadget dan media sosial (medsos) menghancurkan rumah tangga yang dibangun dengan komitmen suciMitsaqan Ghaliza (perjanjian yang kokoh). Allah SWT berfirman: “Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami istri. Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat.” (QS An Nisa 4: 21). Perjanjian yang kokoh ini diulangi kembali oleh Rasulullah SAW dalam wasiatnya pada haji wada iaitu perjanjian berdasarkan amanah dari Allah SWT. Associate Prof, Mustaffa Abdullah, penulis buku Khazanah Tafsir di Malaysia pernah berpesan tindakan apapun yang dilakukan jangan pernah melupakan kekuatan internal karena Allah SWT. 

Maka per gaulan suami isteri harus selalu dikembalikan serinya, membangun komunikasi yang intens di antara kedua pasangan. Berwaspadalah supaya gajet dan media sosial (medsos) tidak  memutuskan tali  Mitsaqan Ghaliza. Syeikh Muhammad Sayyid Tantawi dalam tafsir al-Wasit menyebutkan bahawa untuk membangun kekohohan rumah tangga dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu komunikasi yang baik, memberi perhatian dan memunculkan penampilan yang menyenangkan pasangan.

Beliau juga menyebutkan realitas kehidupan nabi Muhammad SAW bersama istrinya. Nabi Senantiasa berwajah ceria (da’im al-Bisyr), bersenda gurau (muda’abah) dan bersikap lembut  (lutfh) kepada para isterinya. Bahkan pernah nabi berkejar-kejaran bersama ummul mukminin Aisyah, terkadang nabi yang mendahului  pada kali yang lain Aisyah pula yang menang. Menurut Tantawi Nabi juga tidak jarang menyempatkan makan malam bersama dan bercerita sebelum tidur. Apabila hal ini disadari oleh suami isteri, maka kehadiran pihak ketiga berupa gadget dan media sosial (medsos) tidak menjadi masalah, karena pasangan suami isteri dapat mengatur waktu. Kapan waktunya menggunakan gadget dan media sosial (medsos) dan kapan jadwal bersama pasangan. Tentunya waktu bersama pasangan harus lebih diperioritaskan.

Semoga bermanfaat

Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ternyata, Inilah Pihak Ketiga Yang Sering Menyusup di Rumah Tanggamu