Beginilah Cara Marah yang Anggun

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, hampir semua orang pasti pernah marah, namun jarang sekali orang yang bisa marah dengan anggun, karena ketika marah... emosi akan membuat seseorang lepas kendali bahkan sampai melakukan hal-hal yang sering disesali di kemudian hari.



Akan tetapi, kita perlu belajar marah secara anggun, terutama untuk muslimah yang akan menjadi istri dan ibu. Tidakkah merasa sedih ketika anak-anak membenci ibundanya sendiri karena sering marah-marah dengan liar, berkata buruk atau membanting barang?

Yang diperlukan diperhatikan untuk marah secara anggun ada 2 hal:

1]  Kemampuan menghargai orang lain

Seseorang yang memandang rendah orang lain, akan mudah baginya untuk marah mencak-mencak dan mengatakan hal-hal buruk atau memperlakukan orang tersebut dengan buruk.

Misalnya, seorang ibu yang memandang remeh anaknya... akan mudah mencubit, memukul, memaki, bahkan berteriak pada anaknya sendiri. Akan tetapi seorang ibu yang paham bahwa anaknya adalah titipan Allah yang suatu saat harus ia pertanggungjawabkan, maka ia tidak mungkin marah dengan semena-mena.

Kalaupun harus memberi hukuman, memang sesuai dengan aturan Allah dan RasulNya, tidak berlebihan, tidak menyakiti bahkan sampai membuat anak trauma.

2] Kemampuan menghargai diri sendiri

Seseorang yang bisa menghargai dirinya sendiri takkan mungkin mau mempermalukan dirinya dengan sifat rendah, seperti marah-marah depan umum, mengeluarkan kata umpatan dan makian kasar, karena ia menyadari hal tersebut malah merendahkan harga dirinya di hadapan orang lain.

Ibu yang marahi anaknya di depan umum, harus sadar bahwa suatu saat anaknya bisa ditindas orang lain karena meniru perbuatan sang ibu. Dan juga ia akan mendapat cap tidak menyenangkan dari lingkungan sekitarnya sebagai ibu berperangai buruk.

Oleh sebab itu, seseorang yang bisa marah dengan anggun, sudah pasti orang yang mampu bersifat respek terhadap orang lain maupun dirinya sendiri, dan kemampuan marah yang anggun seperti ini perlu dijadikan kebiasaan oleh setiap muslimah, apapun latar belakangnya

Semoga bermanfaat


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beginilah Cara Marah yang Anggun