3 Kebaikan Jika Orangtua Mengajarkan Al Quran pada Anak

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, tanpa kita menyadarinya, banyak orangtua menyerahkan tugas mengajarkan qur'an pada guru ngaji atau guru di sekolah putra-putrinya. Padahal, bagaimana pun juga anak memiliki hak untuk mendapat pengajaran Al Quran dari orangtuanya sendiri. Sebagaimana yang Rasulullah sampaikan:



“Hak anak atas orang tuanya ada tiga: Memilihkan nama yang baik ketika baru lahir, mengajarkan Kitabullah (Al-Qur”an) ketika mulai berfikir dan menikahkannya ketika dia dewasa” (HR. Ahmad)

Setidaknya ada 3 kebaikan yang akan diterima oleh orangtua yang menunaikan kewajiban mengajarkan anaknya:

1. Terjauh dari generasi pengganti yang buruk

Bukankah menyedihkan memiliki pengganti yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsu belaka? Orangtua yang mengajarkan anaknya Al Quran, in syaa Allah telah terlepas dari tanggungjawabnya terhadap sang anak:

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (QS. 19 :59)

2. Anak akan lebih mudah tergerak hatinya jika orangtua langsung yang mengajarkan ayat quran padanya

Pastilah berbeda antara pengajaran yang langsung ditanamkan oleh orangtua sendiri dengan pengajaran yang disampaikan oleh guru. Meskipun anak terlihat cuek saja, akan tetapi ayat quran yang disampaikan oleh orangtuanya akan lebih membekas di hati.

3. Orangtua termotivasi untuk turut belajar qur’an

Orangtua yang bertekad untuk mengajarkan quran pada anaknya sendiri akan lebih tertantang untuk mengupgrade dirinya dengan nilai-nilai quran maupun ilmu mengenai al quran yang lebih mendalam.

Sahabat dakwah, dengan adanya tulisan ini. semoga termotivasi untuk menunaikan hak anak, ajarkan qur'an langsung pada mereka, jangan biarkan para guru ngaji yang mendapatkan pahala tak terputus sedangkan Anda tak memperoleh apapun karena tak mengajarkan anak meskipun hanya satu ayat. Astaghfirullah.

Semoga bermanfaat

Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Kebaikan Jika Orangtua Mengajarkan Al Quran pada Anak