Inilah 7 Makanan Penurun Gula Darah Dalam Tubuh

Bagikandakwah - Sahabat Dakwah, Menjaga pola makanan agar tetap sehat itu sangat penting, terlebih lagi ketika gula darah anda naik, tentunya tubuh kita akan merasa ketidaknyamanan. Bagaimana cara menurunkan gula darah secara alami? Ternyata ada cukup banyak makanan penurun gula darah di sekitar kita:



Cara kerja makanan-makanan ini dalam menurunkan gula darah pun berbeda-beda. Ada yang bersifat menurunkan resistensi insulin, meningkatkan jumlah insulin, dan ada yang langsung mengurangi kadar gula darah saat puasa.

Berikut ini adalah 7 makanan untuk menurunkan gula darah yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita:

1]  Pare

Sayuran pahit ini umumnya digunakan sebagai makanan dan obat-obatan dalam budaya Asia. Pare dapat menurunkan gula darah karena rasa pahitnya, sebaiknya sajikan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran lainnya.

2] Bawang putih

Bawang putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang putih meningkatkan jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Tapi efek buruknya, mengonsumsi bawang putih bisa menyebabkan nafas berbau tak sedap. Jadi perlu berhati-hati agar tidak mengganggu kenyamanan berkomunikasi dengan orang lain.

3] Kayu manis

Penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care tahun 2003 menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis selama 40 hari membantu meningkatkan glukosa darah puasa. Beberapa studi lainnya menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun hati-hati menggunakan kayu manis dalam dosis besar dapat berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu manis jenis apa yang cocok untuk diri kita.

4]  Bayam

Biasanya orang dengan diabetes tipe 2 sering memiliki tingkat rendah serum magnesium. Bayam kaya magnesium yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin serta penggunaan glukosa pada tubuh.

5]  Kedelai

Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

6]  Alpukat

Jika Sahabat Dakwah berencana menurunkan kadar gula dalam darah, jangan lupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa makanan antara lain seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah zaitun, rami, dan minyak zaitun. Alpukat terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes.

Kombinasi makanan berjenis karbohidrat dengan asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu memperbaiki kadar gula dalam darah serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

7] Cuka sari apel

Konsumsilah cuka sari apel yang sudah dicampur dengan air sebelum makan. Manfaatnya dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah setelah mengonsumi makanan yang mengandung tepung bagi para penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2. Penelitian juga sudah membuktikan bahwa minum cuka sari apel yang dicampur air dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin.

Itulah ketujuh makanan yang dapat menurunkan gula darah dalam tubuh kita, semoga bermanfaat
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 7 Makanan Penurun Gula Darah Dalam Tubuh