Cara Ini Mampu Mengecilkan Pori - pori di Wajah

BagikanDakwah - Sahabat dakwah, pori-pori di kulit wajah umumnya akan mengalami pembesaran seiring dengan bertambahnya usia. Penyebab lainnya adalah: tidak rajin membersihkan wajah sehingga kotoran menumpuk dan menyebabkan pori-pori membesar serta pemakaian kosmetik yang tidak tepat. Memang sangat mengganggu jika pori-pori wajah kita terlihat besar, apalagi kasar. Untuk mengatasinya, beberapa wanita melakukan perawatan di salon yang  tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.



Sahabat dakwah, namun sebenarnya, mengecilkan pori-pori di wajah dapat dilakukan di rumah. Caranya cukup mudah dan tentu akan lebih hemat. Berikut beberapa tips mengecilkan pori-pori di wajah:

1] Pijatan di wajah

Untuk yang berjenis kulit kering, melakukan pijatan dengan krim yang mengandung vitamin A dan minyak zaitun akan sangat membantu karena diketahui mampu menjaga kelenturan dan kelembaban kulit.

2] Rajin membersihkan wajah

Bersihkan wajah minimal dua kali sehari, pada saat pagi dan malam, atau siang jika kamu sering melakukan aktivitas di luar rumah. Dan pada malam hari, jangan malas untuk membersihkan sisa make-up yang menempel dengan pembersih yang kandungan pH seimbang, agar dapat mengangkat minyak, komedo dan sisa make-up yang menempel pada pori-pori wajah.

3] Kompres wajah

Lakukan kompres wajah menggunakan herbal secara rutin. Kombinasi yang dapat digunakan adalah: susu, minyak zaitun, ekstrak lemon, estrak bunga mawar, daun mint. Caranya: masukkan  bahan tersebut ke dalam air hangat berisi handuk. Kompreskan handuk ke wajah, diamkan 10 hingga 15 menit pada wajah, lalu usapkan dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

4] Masker wajah

Menggunakan masker bahan alami sehingga lemak di wajah akan berkurang dan kulit menjadi lebih kencang dan halus. Untuk membersihkannya, gunakan air hangat serta spons lembut. Setelah itu, bilas dengan air biasa untuk menyegarkan.

Berikut bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai masker untuk mengecilkan pori-pori di wajah :

a)  Mentimun dan Apel

Untuk mengecilkan pori-pori menggunakan buah atau sayur yang bersifat astrigen. Salah satunya, mentimun. Hasilnya akan lebih sempurna bila ditambah apel yang merupakan antioksidan alami dan mengandung bahan yang mampu menyerap minyak berlebih pada wajah. Caranya : blender atau parut bahan hingga halus, jangan ditambah air. Jadikan masker wajah.

b) Tomat atau papaya

Jus tomat atau papaya merupakan penangkal pori-pori besar yang sangat manjur, karena kaya akan vitamin C dan potassium. Caranya: haluskan tomat dan jadikan masker.

c) Putih Telur

Kemampuan putih telur sebagai zat perekat sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan selain mengencangkan wajah, juga dapat mengecilkan pori-pori di wajah.

Caranya : pisahkan putih telur dari kuningnya, tambahkan setengah sendok teh madu, aduk-aduk hingga menjadi pasta.

d) Jeruk Nipis

Jeruk nipus kaya akan antioksidan dan kandungan vitamin C, sangat baik untuk membersihkan kulit dari pori-pori bekas jerawat. Potong tipis-tipis, kemudian tempelkan pada wajah hingga rata. Sebelumnya, pastikan cuci mukan dan wajah telah bersih dari make-up. Diamkan selama 10 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

Demikianlah tips diatas, Semoga tips diatas dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah sehingga wajah akan tampak lebih segar dan terlihat lebih muda.

Semoga bermanfaat



Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Ini Mampu Mengecilkan Pori - pori di Wajah