Ini Dia, Sebabnya Laki-laki Harus Shalat Shubuh di Masjid

BagikanDakwah - Sahabat dakwah, shalat Subuh mempunyai hitungan rakaat paling sedikit tapi menjalankannya kadang terasa luar biasa susahnya. Hal ini juga berlaku saat menjalankan shalat Isya, waktunya yang panjang membuat kita sering menunda-nunda, “Ahh, nanti saja lah. Waktunya masih panjang ini.”



Tahukah Sahabat dakwah, kedua shalat ini justru mempunyai beberapa keutamaan dibanding shalat lainnya. Yang akan kita bahas kali ini adalah keutamaan shalat Subuh berjamaah. Dari warohmah(dot)com, belajarislam(dot)com, dan muslim(dot)or(dot)id, inilah keutamaan shalat Subuh berjamaah. 

Mendapatkan ganjaran shalat malam sepanjang waktu

Seperti yang sudah kita singgung di atas, melaksanakan shalat Subuh dan shalat Isya menjadi ujian tersendiri bagi sebagian orang. seperti ujian pada umumnya, kedua shalat ini pun menjanjikan hadiah yang manis bagi manusia yang berhasil melaksanakannya.

“Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.”(HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

Dibebaskan dari sifat orang munafik

Ciri-ciri orang munafik tidak hanya dilihat dari ucapannya yang sering berbohong atau janjinya yang sering berkhianat, tapi juga bisa dilihat dari kesadarannya mendirikan shalat Subuh dan Isya berjamaah.

  
“Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

Baca Juga : Rajin Sholat Tetapi Masuk Neraka, Inilah Sebabnya

Akan mendapat cahaya terang pada hari kiamat
Sahabat Dakwah, shalat Subuh yang dilaksanakan pada pagi buta memang menjadi ujian tersendiri. Gelap, dingin, ngantuk, dan godaan lainnya. Tapi tahukah Sahabat Ummi, justru kekuatan kita untuk menghalau berbagai kemalasan ini akan mendapat balasan setimpal di hari kiamat nanti. Allah akan memberikan cahaya yang sempurna bagi kita yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid.

Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Berpeluang mendapatkan pahala haji atau umrah bila berzikir hingga terbitnya matahari

Sahabat Dakwah, merasa kurang dan tidak berkecukupan? Impian umrah dan haji rasanya begitu sulit kita raih? Jangan berkecil hati dulu, Allah akan memberikan pahala setara dengan umrah dan haji untuk kita yang rutin berdoa dan melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid.

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Jadi, masih mau melaksanakan shalat Subuh di rumah dengan dalih dingin, malas, dll? Yukk, perbaiki diri mulai sekarang dan nikmati manfaatnya.


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Dia, Sebabnya Laki-laki Harus Shalat Shubuh di Masjid